Rabu, 07 September 2011

AGAR-AGAR SEMANGKA


Bahan : 
1. Agar-agar putih 4 bungkus
2. Agar-agar hijau 3 bungkus
3. Pewarna makanan (Merah dan hijau)
4. Santan 6 gelas (± 1 buah kelapa)
5. Gula (±1/4kg)
6. Air
7. Selasih
8. Telur 6 butir (putihnya saja)

Alat : 
1. Baskom
2. Mixer
3. Panci
4. Loyang agar-agar berbentuk segitiga.

Cara membuat :
1. Masukan santan 6 gelas kecil kedalam panci, setelah itu masukan gula sebanyak 2 gelas kecil  dan serbuk agar-agar bewarna putih 4 bungkus. aduk dalam keadaan sedang memasak hingga mendidih dan selalu diaduk agar santan tidak pecah.
2. Aduk 6 buah telur,hingga mengembang.
3. Setelah adonan matang,campurkan adonan telur yang telah di mixer kedalam baskom. kemudian pisahkan adonan tersebut sama rata kedalam baskom lainnya.setelah itu, masukan kedalam loyang secara merata dengan waran pertama putih.tunggu hingga adonan setengah matang.
4. Adonan yang telah dipisahkan kemudian dicampur dengan pewarna makanan bewarna merah cabai. setelah itu aduk hingga warnanya tercampur rata. campurkan selasih kedalam adonan tersebut. setelah itu masukan adonan tersebut kedalam loyang yang telah diisikan adonan sebelumnya bewarna putih dengan tingkat kematangan yang cukup/setengah matang.
5. Masukan air kedalam panci, gula secukupnya. kemudian masukan serbuk agar-agar bewarna hijau secukupnya hingga menghasilkan waran hijau yang diinginkan. masak hingga mendidih. setelah adonan yang bewarna merah dan hijau sudah cukup kemudian masukan adonan yang terakhir bewrana hijau kedalam loyang secara merata.dan tunggu hingga matang/bisa di masukkan kedalam lemari es agar terasa segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar