Minggu, 04 September 2011

Bab 1


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Magang merupakan suatu kegiatan latihan kerja mahasiswa yang terencana
dan terstruktur oleh jurusan yang bersifat intrakulikuler dan wajib di ikut oleh semua mahasiswa arsitektur. Kegiatan ini dirancang untuk melahirkan mahasiswa yang tidak hanya ahli dalam bidang teoritis, tetapi juga mengerti dalam mengerjakan berbagai pekerjaan di lapangan.
          Pada kesempatan kali ini, penulis melakukan magang di salah satu Perusahaan Perseroan Terbatas (PT) yang dipimpin dan dimiliki oleh satu orang yang memegang tanggung jawab penuh dalam mengorganisasi, mengatur, mengontrol, memimpin secara teknis maupun keuangan. Penulis ditempatkan di sebuah Proyek Pembangunan Regency 1 dan 2 yang terletak di Jl. Ageng Tirtayasa Cirebon-Jawa Barat, sebagai arsitek junior yang membantu dalam proses perencanaan alternatif site plan dan konsultan junior yang membantu dalam proses merancang tata ruang dalam.
       Dengan adanya magang ini diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan dan mengetahui situasi lapangan pekerjaan sebenarnya yang kelak dihadapi mahasiswa. Mahasiswa juga diarahkan untuk melihat, mengamati pekerjaan teknis maupun non teknis, mampu menganalisa dan mencari solusi setiap masalah di bidang arsitektur seperti dalam sebuah konsultan, dimana seorang atau perusahaan yang memiliki keahlian untuk memberikan masukan kepada klien terhadap proyek yang ditanganinya.
          
1.2  SASARAN
Memperluas wawasan dan menambah pengalaman kepada mahasiswa akan dunia nyata kerja melalui pengamatan dan keterlibatan langsung terhadap proyek Pengembangan Kawasan Purbakala Dieng.
1.      Memperluas wawasan dan menambah pengalaman kepada mahasiswa akan dunia kerja melalui keterlibatan lansung terhadap proyek pembangunan perumahan.
2.      Memperoleh pengetahuan mengenai peranan sebagai arsitek pada suatu proyek, khususnya pembangunan perumahan
3.      Memperlajari alternatif pemecahan masalah dan cara pemecahaan masalah (perbandingan antara teori dan praktek) yang berhubungan langsung dengan klien.
4.      Mengetahui situasi dan kondisi, profil suatu perusahaan, tugas pada proyek pembangunan perumahaan.
5.      Meningkatkan profesionalisme dalam bekerja, kedisiplinan

1.3  LINGKUP PERAMASALAHAN
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan laporan magang
ini,antara lain :
1.      Pada proses perencanaan proyek dibahas permasalahan perencanaan pada alternatif desain site plan proyek pembangunan perumahan tahap 2
2.      Pada proses perancangan proyek pembangunan perumahan yang menuntut adanya hubungan antara klien dan keberadaan arsitek yang lebih berfokus pada peranan arsitek sebagai konsultan
      
1.4  SISTEMATIKA PEMBAHASAN
BAB I             Pendahuluan
                        Membahas mengenai latar belakang magang, maksud dan sasaran
                        yang ingin dicapai, lingkup permasalahan yang dihadapi
sistematika pembahasan laporan
BAB II                        Tinjauan PT JAYA LAND SEJAHTERA
                        Membahas secara khusus tentang manajemen di perusahaan
tersebut, ruang lingkup pelayanan, struktur dan organisasi perusahaan, bagaimana perusahaan ini mendapatkan proyek, tahapan pelaksanaan proyek
BAB III          Tinjauan proyek PT JAYA LAND SEJAHTERA                
Uraian umum proyek, lingkup proyek, maksud dan tujuan proyek,
bagaimana proses mendapatkan proyek tersebut dan metoda
perancangan yang dilakukan dalam proyek pembangunan
perumahan regency 1&2, lingkup keterlibatan praktikan.
BAB IV          Evaluasi permasalahan dan solusi
Membahas mengenai permasalahan yang terjadi serta solusi dari masalah
BAB V            Penutup
Membahas mengenai kesimpulan terhadap kegiatan penulis selama bekerja pada biro konsultan PT JAYA LAND SEJAHTERA, serta memberikan saran- saran sebagai masukan bagi konsultan tersebut.

1 komentar: